Informasi Obat Melalui Apotek 24 Jam

Jaman sekarang sangat banyak media yang dapat dengan efektif menyajikan informasi kepada orang banyak. Seperti misalnya kita mempunya media televisi, televisi adalah media yang paling banyak dipakai untuk menyebarkan informasi semenjak dulu. Dengan menggunakan televisi maka pemirsa dapat menerima informasi seperti iklan, berita dan lain sebagainya.

 Jaman terus berubah kalau dahulu televisi adalah pilihan yang paling cocok, jaman sekarang muncul media baru yaitu website. Media seperti website sangat banyak bermunculan. Website biasanya menyediakan informasi dalam bentuk text, tapi tidak jarang juga informasi bentuk lain seperti suara, gambar bahkan video.

Dalam hal informasi untuk kefarmasian maka media website ini banyak digunakan oleh para penggiat bidang kefarmasian. Seperti contoh, informasi obat-obatan bisa didapatkan melalui buku panduan kefarmasian tapi jaman sekarang informasi obat-obatan dapat dibaca dengan mudah melalui media website. Kemunculan apotek online adalah salah satu pemicunya, layanan apotek online yang mempunyai website sendiri biasanya akan selalu menyajikan informasi obat-obatan. Seperti contoh layanan Apotek 24 Jam, mereka mempunyai website sendiri yang menyajikan informasi obat-obatan dari berbagai jenis obat.

Manfaat Informasi Obat Apotek Online

Menyajikan informasi obat-obatan melalui apotek online pada website mempunyai banyak manfaat. Seperti contoh, pengunjung website dapat mencari obat tertentu dengan mudah. Pengunjung website bisa mencari obat berdasarkan kategori obat misalnya, atau manfaat obat atau kandungan obat atau apabila lebih spesifik juga bisa mencari dengan menggunakan nama obat langsung. Proses pencarian semudah ini tidak akan didapatkan apabila kita mencari informasi obat lewat buku misalnya.

Manfaat lain adalah kemudahan dalam menyajikan informasi dalam bentuk lain seperti gambar atau video. Gambar obat bisa disajikan dengan metode galeri atau menyajikan gambar obat satu per satu dengan metode sliding. Hal ini akan membantu pengunjung untuk tahu lebih jauh obat yang dicari agar tidak salah dalam memilih obat. Informasi dalam bentuk video juga bermanfaat untuk menyajikan informasi lain yang lebih rumit. Misal untuk menerangkan cara kerja obat mungkin akan lebih mudah dengan menggunakan format video.

Pengunjung website juga dapat melihat informasi obat melalui perangkat mobile, hal ini sangat memudahkan penggunanya. Karena tentu hampir setiap orang mempunyai perangkat mobile. Menyajikan informasi obat melalui perangkat mobile bisa dengan dua cara. Cara pertama adalah dengan menggunakan website berbasis mobile, website jenis ini dapat dibaca dengan mudah pada layar perangkat mobile. Cara kedua yaitu dengan menggunakan aplikasi yang harus dipasang terlebih dahulu pada perangkat mobile pengguna. Cara ini mungkin lebih rumit karena pengguna harus memasang dulu aplikasi tersebut.

Jenis Informasi Obat

Informasi obat yang perlu ditampilkan bermacam-macam. Seperti contoh kandungan zat dalam obat adalah informasi yang sangat penting. Pengunjung website biasanya bisa mencari obat dengan kandungan obat tersebut. Dengan dibantu oleh konsultasi apoteker tidak jarang pengunjung website yang ingin membeli obat dapat diberikan obat pengganti dengan kandungan yang sama tapi dengan harga lebih murah.

Informasi lain yang tidak kalah penting adalah cara pemakaian dan dosis obat. Tidak semua obat dapat dikonsumsi sembarang. Berbagai jenis obat harus dimakan sebelum makan, ada juga yang harus dimakan setelah makan dan lain sebagainya. Dosis obat juga sangat penting diperhatikan, pemakaian obat dengan melebihi dosis bisa mengakibatkan efek fatal seperti alergi ataupun efek buruk lainnya. Sebaliknya pemakaian obat dibawah dosis akan menyebabkan efek penyembuhan menjadi lama atau bahkan tidak akan menyebabkan kesembuhan sama sekali.

Share:

No comments:

Post a Comment

Thank you so much for Reading .... Enjoy^^

Jangan Tingalkan Link Aktif ya~