Berbagai Jenis Kursus Pemrograman

Dunia pemrograman memang bukan dunia yang statis tapi sangat dinamis. Bahasa pemrograman dan framework terlalu cepat berkembang dan terlalu banyak perubahan bahkan banyak muncul bahasa pemrograman dan framework baru dalam waktu yang sangat cepat. Kondisi ini banyak menyebabkan para lulusan perguruan tinggi IT menjadi bingung bagaimana memilih salah satu bahasa pemrograman ini, darimana mereka harus belajar dan lain sebagainya.

Kursus pemrograman bisa membantu mereka yang berada dalam kondisi seperti ini. Kursus pemrograman mempunyai kurikulum yang lebih bersifat praktek dan fokus kepada salah satu bahasa pemrograman atau framework. Seorang calon programmer dapat memilih salah satu materi kursus kemudian belajar secara mendalam salah satu materi kursus tersebut.

Kemudian apabila sudah selesai calon programmer ini dapat mengambil materi lain yang lebih advance. Konsep seperti ini membantu para calon programmer agar belajar lebih terstruktur dan membantu mereka untuk mengenal bahasa pemrograman dan framework yang sedang beredar sekarang.

Terdapat berbagai jenis kursus pemrograman, memilih kursus pemrograman juga harus hati-hati, sebab apabila salah pilih malah bisa membuat calon programmer bertambah bingung. Berikut beberapa jenis kursus pemrograman yang sekarang sedang banyak diadakan oleh lembaga-lembaga kursus.

Bootcamp

Bootcamp adalah kursus pemrograman untuk para calon karyawan perusahaan IT. Bootcamp biasanya diadakan beberapa kali dalam setahun tergantung kebutuhan. Peserta bootcamp adalah karyawan atau programmer perusahaan yang sudah lolos proses interview dan siap untuk diterjunkan ke proyek IT.

Untuk menjamin kesiapan para programmer ini maka diadakan kursus intensif selama beberapa bulan oleh perusahaan tersebut kepada para programmer ini. Kursus intensif perusahaan ini yang biasa disebut dengan bootcamp. Peserta bootcamp biasanya akan dilatih sangat keras untuk bisa programming karena apabila mereka lulus maka langsung ditempat di proyek sungguhan. Tidak jarang juga peserta bootcamp harus diberhentikan ditengah jalan karena dinilai tidak mampu.

Kursus Pemrograman Dalam Kelas

            Kursus pemrograman ini biasanya dibuat oleh lembaga-lembaga kursus independent. Kursus ini biasanya berbayar. Setiap materi pelajaran kursus akan membahas satu topik bahasa pemrograman atau framework tertentu. Misalnya kursus Java akan mempelajari bahasa pemrograman Java.

Kursus Laravel akan membahas framework Laravel. Kursus di dalam kelas ini mempunyai jadwal tertentu dan bersifat tetap. Kursus ini juga membutuhkan ruang kelas. Peserta kursus juga terbatas karena apabila satu kelas berisi terlalu banyak peserta maka manfaat kursus tidak akan begitu terasa untuk setiap peserta.

Kursus Pemrograman Gratis Dalam Kelas

Sekarang juga banyak lembaga kursus pemrograman gratis. Lembaga kursus jenis ini biasanya bekerja sama dengan perusahaan tertentu. Peserta yang lulus kursus akan langsung ditempatkan pada perusahaan tersebut. Pihak lembaga kursus akan menerima bayaran dari perusahaan tempat mereka bekerja sama.

Kelemahan kursus jenis ini adalah biasanya kualitas pengajaran tidak begitu diperhatikan karena lembaga kursus pemrograman harus investasi diawal untuk melakukan aktifitas pengajaran seperti biaya kelas dan lain sebagainya.

Kursus Pemrograman Gratis Online

Kursus seperti ini biasanya berbentuk video e-learning. Peserta kursus dapat dengan bebas tanpa biaya mengikuti kursus dengan menonton video kursus pemrograman. Biasanya lembaga kursus ini membuat konten-konten belajar pemrograman melalui layanan youtube channel kemudian para peserta mendaftar dengan mengikuti youtube channel tersebut.

Metode kursus pemrograman ini membutuhkan motivasi yang kuat dari pesertanya karena mereka harus belajar secara otodidak dengan memperhatikan dan mengikuti petunjuk video e-learning.
Share:

No comments:

Post a Comment

Thank you so much for Reading .... Enjoy^^

Jangan Tingalkan Link Aktif ya~