Belajar Budaya Lewat Musik Di Merajut Indonesia

MUSIK SALAH SATU BAGIAN DARI BUDAYA

  Mungkin sudah tak terdengar asing ya, karena Indonesia memilik beragam budaya yang dimiliki serta ciri khasnya masing-masing, meskipun era sudah semakin modern tapi warisan nenek moyang kita akan budaya takkan pernah sirna. 

    Salah satunya dalam bermusik pun bisa kita sisipkan pelestarian budaya melalu syair-syair serta bait untaian kata pada sebuah lagu kan? Musik yang memiliki arti mendalam pada sebuah aksara kesantunan. Belajar lewat musik merupakan hal mudah yang bisa kita terapkan pada kehidupan terlebih banyaknya pesan moral.

    Peran PANDI dalam Program Merajut Indonesia Melalui Digitalisasi Aksara Nusantara bisa disingkat menjadi (MIMDAN). Sebelumnya tepat hari kamis 27 januari 2022 lalu gue ikutan IG Live Bincang MIMDAN #3 yang bertemakan "Belajar Budaya Lewat Musik" dan Nasumbernya Mas Joko Elisanto selaku Musikus dan Pencipta Lagu "Merajut Nusantara". Dipandu sama teh Evi salah satu Blogger Dari Bandung^^

    Tepat pukul 19.40 Sharing Session dimulai dimulai dari perkenalan Narsum & Host, kali ini gue dengan hikmat mendengarkan dan meresapi Live pada malam itu. Mulai dari bahasan apa arti dan defisini suatu budaya ialah hasil dari pemikiran yang dirasa baik dan menyukai hal tersebut sehingga kita akan membagikan hal itu. 

     Sifat alami manusia disaat nyaman, aman maka akan menurunkan serta membuat sebuah pola dimana akan diturunkan secara partial kepada anak cucunya. Hal ini juga merupakan hal yang sering kita temui dalam perilaku kita sehari-hari. 

Aspek Budaya Melalui Lagu

    Menurut Mas Joko sendiri lagi budaya itu akan selalu berlembang serta dapat kita lestarikan dengan berbagai cara tapi ada cara yang sangat mudah yaitu via  "Lagu" seperti memperkenalkan budaya daerah lain.

     Sedari kecil pun saat sekolah kita akan dikenalkan lagu-lagu daerah bukan ? Dimana hal ini merupakan cara memperkenalkan budaya daerah lain dari Sabang sampai Marauke. Musik ini sendiri adalah "Bahasa Universal" siapa saja dapat mengerti dan memahami.

    Gue pun sampai sekarang jika dengar lagu daerah dan dari liriknya saja jadi teringat beberapa kejadian atau sejarah serta ciri khas daerah itu tersebut, mempelajari Budaya Lewat Musik memang sangatlah efisien. Budaya luarpun dengan bahasa yang berbeda kita akan mencari tahu apa artinya dibahas kita sendiri kan ? Nah, ini salah satu cara belajar secata tidak langsung^^

Musik Dapat Dinikmati Kapan Saja

   Ketika kita mendengarkan musik pasti disaat sibuk bekerja atau melakukan sesuatu bahkan, saat santai pun ingin mendengarkan musik serta pengantar tidur sekalipun. Musik itu membuat diri kita merasa nyaman serta rileks tidak heran jika musik juga bisa digunakan sebagai therapy.

    Musik sendiri tak perlu fokus yang berlebihan bisa di kolaborasikan dengan beragam aktifitas kita sekarang, dan mendengarkan musik secara tidak langsung kita akan hafal lirik secara sendirinya.

Kenalan Sama Mas Joko "Genk Kobra"

       Mas Joko Elisnato sendiri terkenal melalui grup musiknya yaitu Genk Kobra. Lagu-lagu yang tercipta ini bertujuan agar para generasi millenial terbiasa dengan lagu modern tapi menggunakan bahasa Jawa. Tidak hanya itu kerennya lagi Genk Kobra ini juga menulis lirik juga dengan aksara Jawa. Waw !!! Amazing~

    Jujur gue sebagai generasi millenial sangat kagum dengan hasil karya beliau^^ bahkan hasil karyanya juga penuh akan makna serta dengan ciri khas aksara Jawa itu sendiri. Untuk orang awam yang tidak mengertipun akan bisa menikmati irama dari musik tersebut.

Mari bersama-sama melestarikan semua budaya Indonesia dengan berbagai hal positif guys ! Karena jika bukan kita siapa lagi^^ 

   Yuk ! kenalan dulu sama penyelenggara IG Live Merajut Indonesia yang gue bahas diatas yaitu PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) berperan dalam gerakan untuk menyelamatkan dan mengembangkan Aksara Nusantara, karena sekarang sudah di era digital hal mudah disampaikan melalui berbagai media sosial salah satunya di Instagram  @merajut_indonesia .

      Gimana nih bahasan kali ini seru kan ya? Buat kalian yang penasaran sama Merajut Indonesia bisa langsung kepoin aja media sosial mereka dan websitenya juga loh : https://merajutindonesia.id/ . Kalo bukan dari kita siapa lagi ? Belajar Budaya Lewat Musik ialah hal asik yang bisa kita mulai^^

Semoga tulisan kali ini bermanfaat^^

Enychan… xoxo~~

Share:

No comments:

Post a Comment

Thank you so much for Reading .... Enjoy^^

Jangan Tingalkan Link Aktif ya~