Luka Bakar Ringan, Mitos dan Penanganan Yang Benar

Luka bakar ada tiga derajat yaitu ringan, sedang, dan parah.
source : lifestyle.okezone.com
Tulisan ini membahas penanganan luka bakar ringan, karena luka bakar sedang dan apalagi parah harus ditangani oleh dokter. Yang termasuk luka bakar ringan seperti percikan sedikit minyak panas, tersundut rokok, tersenggol setrika panas, kena knalpot panas.
Tapi tidak semua luka bakar ringan dapat kamu obati sendiri. Jika luka itu lebar/luas maka kamu harus segera ke dokter. Sayangnya di masyarakat banyak beredar mitos menangani luka bakar yang tidak benar. Mitos itu di jaman kakek nenek kita sudah ada hingga sekarang pun herannya masih ada juga.
Mitos yang Paling Populer Antara Lain:
Diolesi pasta gigi, ini mungkin mitos pengobatan luka bakar yang berumur tua. Padahal pasta gigi justru bisa menimbulkan iritasi.
Diolesi mentega, cara ini juga populer di masyarakat, tetapi sebenarnya malah bisa menyebabkan infeksi.
Diolesi putih telur, sama dengan mentaga bisa juga menyebabkan infeksi.
Dikompres pakai es batu langsung ke luka, akibatnya bukannya sembuh justru memperparah luka itu.
Diolesi minyak kelapa, padahal minyak tidak meredakan panas tapi justru membuat kulit semakin terbakar.
Jadi Bagaimana Penanganan Luka Bakar Ringan yang Benar?
Cara paling mudah adalah dengan mengalirkan air pada luka. Gunakan air biasa, alirkan terus menerus selama beberapa menit. Cara ini akan meredakan nyeri dan meredakan panas sehingga kulit tidak terbakar lebih lanjut.
Jika air yang ada hanya sedikit, ambil kain dan basahi, lalu kompres luka dengannya. Cara ini tidak boleh dilakukan terlalu sering.
Setelah nyeri reda kamu bisa mengeringkan luka bakar dengan hati-hati. Lalu oleskanlah obat pada luka itu. Jika ada tanaman lidah buaya di rumahmu, potong dan kupas, lalu tempelkan dagingnya pada luka.
Kamu juga bisa menggunakan obat yang bisa didapatkan di apotik. Salah satu obat luka bakar terbaik adalah Hemolok, yang berfungsi untuk membersihkan luka, menghentikan pendarahan, dan membalut luka luar.
Obat ini bisa kamu dapatkan di situs Goapotik.com dengan harga yang murah, dibawah 30 ribu. Kamu juga bisa belanja obat dan suplemen lain yang kamu butuhkan.
Jika kamu lebih sering menggunakan handphone, maka sebaiknya instal aplikasi Goapotik yang ada di playstore. Sehingga setiap saat kamu atau anggota keluargamu membutuhkan obat dan suplemen, bisa langsung order nggak pakai lama.

Share:

2 comments:

  1. Hal-hal yang ngga kepikiran sebelumnya akhirnya kepikiran juga dari artikel ini, terimakasih ya kak sudah berbagi tips:)

    ReplyDelete
  2. wah terimakasih atas infonya kak :D

    ReplyDelete

Thank you so much for Reading & Enjoy^^

Jangan Tingalkan Link Aktif ya~