Ketahui Jenis Vaksin Dewasa yang di Butuhkan


Hai fellas~~ tentunya dimasa pandemi seperti sekarang kita harus menjaga kesehatan, dengan lebih optimal karena masih belum berakhir juga yang berbulan bulan berlangsung. Sangat disarankan untuk menjaga antibodi serta imun dengan makanan yang bergizi serta olahraga yang cukup.

Perlunya kita ketahui macam-macam Vaksin Dewasa yang Dibutuhkan – Vaksinasi atau tindakan pemberian vaksin merupakan cara yang dilakukan untuk meningkatkan antidodi agar dapat mencegah penyakit-penyakit tertentu. Vaksin sendiri dapat dilakukan dengan berbagai metode contohnya dengan cara disuntikkan ataupun dengan diteteskan pada mulut. Pemberian vaksin sangat disarankan terutama pada anak kecil atau balita kuntuk menunjang kekebalan tubuhnya ketika tumbuh dewasa. Namun, ternyata juga terdapat vaksin-vaksin yang diperlukan saat tumbuh dewasa. Oleh karena itu simak beberapa vaksin berikut.

Inilah Beberapa Vaksin Dewasa yang Diperlukan Antibodi

Hepatitis A dan Hepatitis B

Bagi kalian yang bekerja pada bidang penyajian makanan contohnya pegawai restoran ataupun koki, sangat dianjurkan agar melakukan vaksin untuk menangkal virus hepatitis A. Hal ini dikarenakan virus hepatitis A dapat ditularkan melalui kotoran pengidap yang biasanya dapat melalui makanan. Lakukan secara rutin vaksinasi hepatitis A untuk mencegah penularan virus tersebut.

Beda halnya dengan hepatitis A, vaksin hepatitis B dilakukan untuk mencegah infeksi virus yang dapat berakibat pada peradangan hati yang akut bahkan menahun. Jika dibiarkan berkembang kondisi ini akan menyebabkan gangguan yang lebih parah pada hati contohnya adalah kanker hati atau sirosis hati. Maka dari itu, untuk mencegah hal ini vaksin dewasa untuk mencegah hepatitis B sangat diperlukan

Vaksin Influenza

Menurut hasil penelitian World Health Organization, vaksin influenza merupakan cara yang efektif dalam mencegah terjadinya penyakit yang diakibatkan infeksi virus seputar saluran pernapasan. Dengan melakukan vaksin rutin satu tahun sekali, akan mencegah terjadinya serangan flu atau penularan flu. Karena seperti yang telah banyak diketahui, influenza merupakan jenis penyakit yang mudah menyerang manusia terutama saat musim penghujan. Oleh karena itu vaksin sangat dibutuhkan agar meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus influenza ini.

Vaksin Cacar

Vaksin dewasa selanjutnya yang disarakan adalah vaksin terhadap virus varicella zoster. Virus ini dikenal yang menyebabkan manusia mengalami penyakit yang dinamakan dengan cacar air. Vaksin cacar ini juga diberikan saat paket imunisasi balita. Jika saat dewasa ini anda belum mendapatkan vaksin ini, maka biasanya dokter akan menganjurkan dosis yang berbeda dari saat balita. Sangat sering terjadi bahkan sejak kecil dan rumor mengatakan bahwa cacar dapat terjadi 1 kali dalam seumur hidup namun tidak sepenuhnya benar karena kita masih bisa terserang penyakit cacar lebih dari 1 kali.

Tetanus, Difteri, dan Petrusis

Penyakit tetanus, difteri, dan petrusis ini diperlukan untuk mencegah orang dewasa mengalami batuk rejan. Berdasarkan dari Web MD, apabila telah memasuki usia 64 tahun, dan belum menerima vaksin tetanus, difteri, dan petrusis ini selama 10 tahun terakhir, sangat disarankan untuk melakukannya agar menghindarkan tubuh dari beberapa jenis penyakit yang memungkinkan.

HPV

Virus yang bernama Human Papilovirus atau HPV ini diketahui dapat menyerang sistem reproduksi baik laki-laki maupun perempuan. Virus ini dapat menyebabkan wanita mengalami kanker serviks, serta kutil kelamin yang dapat terjadi baik wanita dan pria. Berdasarkan Centers for Disease Control and Prevention, vaksin dewasa HPV sangat perlu untuk diberikan untuk mencegah penyakit-penyakit tersebut. Pemberian yang terbaik untuk vaksin ini adalah saat berusia remaja atau anak-anak, dikarenakan pada usia saat ini seseorang belum aktif berhubungan seksual.

Itulah dia beberapa vaksin dewasa yang diperlukan buat orang dewasa. Buat kalian yang masih kurang jelas atau binngung? serta memiliki pertanyaan lain seputar vaksin, kalian bisa langsung check website halodoc yang menyediakan berbagai macam informasi seputar kesehatan . Disana kita bisa memperoleh banyak wawasan terkait kesehatan yang penting untuk kita ketahui, apalagi saat sekarang edukasi tentang kesehatan wajib banget loh~

Oh iya kalian juga bisa langsung konsultasi kesehatan untuk memahami secara lebih lanjut terkait kondisi tubuh kita sekarang^^ Selalu jaga kesehatan ya guys~

Salam hangat....  Enychan ,xoxo~

Share:

5 comments:

  1. Selama ini ngirain vaksin itu cuma buat anak-anak. Tapi pas nikah kemarin harus vaksin tetanus gitu buat ngelengkapi berkas, ya mau tidak mau hehe

    ReplyDelete
  2. Ini yang di vaksin memang untuk penyakit menular kali ya. Kerrn sekali lengkap di halodoc ya untuk penyakit berbahaya

    ReplyDelete
  3. Dikira hanya usia anak yang wajib vaksin ya En, ternyata untuk dewasa juga ada. Hehehe. Kalo aku pas usia dewasa pernah vaksin tetanus & meningitis. Ada sih diceritain sama temen ttg vaksin influenza dan itu digabung dengan vaksi meningitis. Tapi aku gak tau gimana hasilnya pas dia berangkat umroh apakah hasilnya perfect atau gimana.

    ReplyDelete
  4. aku pengen eh vaksin hpv soalnya kan kanker serviks ini termasuk bahaya banget. semoga aja ada rezekinya nih

    ReplyDelete
  5. aku kemarin penasaran banget sama suntik TT yang wajib untuk calon pengantin en. sampai WA temen-temen ku yg dokter sama perawat.

    ReplyDelete

Thank you so much for Reading .... Enjoy^^

Jangan Tingalkan Link Aktif ya~