Thursday, March 19, 2020

Cara Menjadi Broker Saham ? SIMAK CARANYA DISINI

CARA MENJADI SEORANG BROKER SAHAM?
Pernahkah kamu mendengar tentang broker saham sebelumnya? Apa itu broker saham? Apa itu saham? Mungkin pada zaman sekarang ini, melakukan jual beli saham bukan lagi hal yang sulit. Banyak orang yang melakukan jual beli saham dan investasi dengan cara online. Tapi, pernahkah kamu mendengar tentang broker saham? Broker saham atau yang juga disebut dengan WPPE (Wakil Perantara Perdagangan Efek) adalah seorang yang memiliki pekerjaan atau bekerja di dalam perdagangan efek. Broker saham akan menjadi jembatan antara pelaku investasi atau investor dengan perusahaan sekuritas

Jika kamu tertarik untuk menjadi Broker saham, maka ada beberapa hal yang perlu untuk kamu ketahui. Sebelum menjadi broker, kamu harus tahu peran dan fungsi dari seorang broker atau pialang saham. Broker memiliki peran penting untuk membantu investor yang belum mengerti atau masih bingung mengenai cara melakukan transaksi, yaitu dengan menjelaskan dan memberikan informasi seputar pasar saham. Broker tentunya juga membantu investor dalam melakukan order transaksi seperti jual dan beli saham, menilai suatu saham yang cocok dengan investor serta menilai profil risiko yang akan terjadi kedepannya.
Broker memang memiliki tugas untuk membantu investor dalam melakukan transaksinya, ini seperti menjadi asisten bagi si investor. Tentunya kamu akan mendapatkan keuntungan dari menjadi asisten dan memberi masukan pada si investor.
Bagaimana caranya agar kamu menjadi broker saham? Hal yang paling utama adalah dengan mendapatkan lisensi. Sertifikat profesi ini dikeluarkan oleh LPKPM. Kamu perlu untuk mempelajari tentang pasar modal seperti saham dan lainnya. Untuk mendapatkan lisensi, kamu harus melakukan ujian yang diadakan oleh pihak panitia standart profesi setiap tahun yang digelar sebanyak tiga kali.
Kamu juga dapat mengikuti seminar atau pelatihan tentang pasar modal. Ini akan meningkatkan pengetahuanmu tentang pasar modal. Setelah mendapatkan lisensi, hal yang perlu kamu lakukan adalah dengan mendaftar di perusahaan sekuritas resmi. Ini merupakan cara yang aman dalam memulai karirmu sebagai seorang broker. Kamu dapat mengetahui legalitas perusahaan sekuritas dengan memeriksa keanggotaannya pada Bapepam atau Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan.
Selanjutnya, kamu harus memastikan memiliki modal yang cukup untuk berinvestasi. Untuk nominalnya akan disesuaikan dengan peraturan negara dan perusahaan sekuritas. Keahlian yang kamu perlukan adalah negosiasi yang baik. Untuk menjadi broker yang profesional kamu perlu memiliki kemampuan negosiasi yang baik. Ini dapat kamu pelajari dengan berlatih dan belajar pada broker yang sudah berpengalaman.
 Dalam menjalankan tugas, seorang broker juga harus mengikuti aturan dan etika yang ditetapkan oleh bursa efek. Jika kamu menjadi broker, kamu harus mengerti bagaimana profil investasi calon investor, prospek saham dan cara memilih saham terbaik.
Terdapat tiga jenis broker saham dilihat berdasarkan layanannya. Pertama adalah full service broker, ini merupakan pialang yang hanya memberikan jasa berupa saran untuk investasi san strategi yang tepat bagi perusahaan investor.
Kedua adalah discount broker, yaitu pialang yang memberikan dua layanan yang meliputi saran atau strategi investasi dan pemeliharaan rekening. Selain itu, broker jenis ini juga memberikan jasa untuk menentukan keputusan membeli atau menjual saham oleh seorang investor. Terakhir adalah deep discount broker yang merupakan pialang yang hanya memberikan pelayanan untuk pemeliharaan rekening saja.

0 comments:

Post a Comment

Eny Kadinda Aprilya Blogger Template by Ipietoon Blogger Template