Ngobrol Bareng MPR RI Bersama Netizen Balikpapan

Hai guys ! Lama tak besua di blog yah karena banyak banget kesibukan serta hectic di dunia nyata huhu… Tapi, jangan khawatir masih sempat ngepost biarpun gak serajin serta seaktif dulu. Tepat 7 desember 2019 tadi, gue berkesempatan hadir di acara “Gathering Netizen MPR RI” berlokasikan di Jade Room Quartz Office  Tower Aston Balikpapan. So, ini adalah pengalaman pertama gue ke Balikpapan guys ! 
dokumentasi pribadi
Acara ini merupakan acara yang gue tunggu udah lama, karena banyak sekali teman blogger yang kece di Balikpapan dan acara juga seru serta lancar hingga penutup diakhiri dengan foto bersama. Gue disambut hangat disini, semuanya ramah tamah yaa… bikin gak pengen pulang deh rasanya, Eitss… tapi selesai acara gue harus langsung take off buat lanjutin trip ke Samarinda lagi.
dokumentasi pribadi
            Pukul 9 pagi tepatnya acara sudah dibuka oleh MC dan dilanjutkan oleh moderator serta pembahasan ringan, tidak lupa menyanyikan lagu “Indonesia Raya” serta “Mengheningkan Cipta” untuk mengennag jasa pahlawan. Dimulai lah oleh 3 Narasumber secara bergantian untuk menyampaikan pembahasan lalu dilajutkan dengan diskusi sekaligus tanya jawab yang interaktif.
dokumentasi pribadi
            Ngobrol Bareng MPR RI bertujuan untuk mensosialisasikan tentang Empat Pilar MPR RI serta menghadirkan langsung Narasumber ahli yaitu :
1.Ibu Siti Fauziah  (Kepala Biro Humas Setjen MPR RI)
2.Bapak Slamet (Kepala Bagian PSDI Biro Humas Setjen MPR RI)
3.Bapak Bambang Herlandi (Ketua Komnunitas Blogger Balikpapan)
Serta Moderator hits yaitu kaka cantik Mira Nurfahlia Sahid, acara semakin seru dan menjadi hidup saat adanya tanya jawab serta pembahasan beserta pemaparan cara untuk mengimplementasikan Empat Pilar MPR RI dalam kehidupan nyata. Berikut penjelasan serta point dari Empat Pilar MPR RI :
1.Pancasila Sebagai Dasar dan Ideologi Negara
2.UUD Negara Republik Indonesia 1945 Sebagai Konstitusi Negara
3.NKRI Sebagai Bentuk Negara
4.Bhineka Tunggal Ika Sebagai Semboyan Negara
            Beberapa point tersebut banyak hal-hal yang bisa kita petik terutama dalam implementasi kehidupan serta praktik dikehidupan sehari-hari, acara ini selain bertujuan untuk sosialisasi secara langsung dengan para netizen juga mencoba berbagai metode yang tidak hanya dunia nyata juga didunia maya seperti social media yang sekarang sudah melekat sekali pada generasi millenial.  Acara berlangsung hingga pukul 11:30 kemudian penutup serta foto bersama hingga tiba waktunya break serta makan siang lalu pulang dengan membawa segudang info serta ilmu baru yang baru kami ketahui tentang Empat Pilar MPR RI.
dokumentasi pribadi
Gathering Netizen MPR RI ini juga diselenggarakan di kota-kota besar lainnya dan kebetulan gue berkesempatan ikutan yang diselenggarakan di Balikpapan Kalimantan Timur, gue merasa sangat beruntung karena bisa ikut berkontribusi sebagai salah satu peserta.
Setiap tahun acara ini telah diagendakan dan semoga selalu berjalan lancar jaya agar masyarakat serta semua pihak dapat mengetahui serta memahaminya, adapun deklarasi tahun lalu oleh warganet MPR RI sebagai berikut :
Deklarasi Warganet MPR RI :
1.Tidak Menyebarkan Konten Hoax & Sara
2.Bijak Bermedia Sosial Sesuai Dengan Pancasila
3.Menerapkan Empat Pilar MPR RI Dalam Literasi Digital
4.Bersatu Membuat Keren Indonesia Dengan Kontent Yang Positif
Finally, kalian udah pada paham kan guys ? tentang Empat Pilar MPR RI , jika ingin tau info lebih lanjut atau ada yang masih kurang jelas kalian bisa lihat di social media MPR RI atau website mpr.go.id
            Netizen yang baik ialah netizen yang selalu menimbang dan mencaritau asal usul berita atau informasi, jadi buat kita semua ingat “Stop Hoax” mari berpikir positif dan membuat Indonesia bersatu dengan perdamaian serta prinsip gotong royong agar tercapai Indonesia yang kaya akan persatuan.
Salam Hangat Cintaku Untuk Indonesia Satu!
Share:

10 comments:

  1. Eny keren banget bisa ikut acara begini. Cocok banget dah menjadi influencer berbudi. Keep positif ya en. Bangga bisa kenal eny.

    ReplyDelete
  2. Wah jadi ikut semangat nih untuk jadi netizen juga bloger yang selalu bisa membuat konten yang positif. Semangat, bersama kita bangga jadi Indonesia yang satu :)

    ReplyDelete
  3. Beruntungnya..... Saya juga pasti senang kalau bisa ikut acara seperti ini. Menambah pengetahuan dan jam terbang. Oh ya, moderatornya itu Mbak Mira Sahid, kan? Beliau itu blogger kawakan. lho. Sampai sekarang masih jadi blogger.

    ReplyDelete
  4. MPR kudu dateng dan menghampiri masyarakat langsung terutama saat reses agar informasi bisa saling bertukar. Semoga apa yang disampaikan bisa dipahami semua ya kak terutama penyebaran konten Hoax yang sudah masuk ambang bahaya

    ReplyDelete
  5. Andaikna semua orang di Indonesia ini paham mengenai perdamaian yang berusaha diwujudkan seperti ini, pasti gak ada lagi tuh...benci dan caci maki.
    Aku baru liat konten yucub aja...ada banyak banget ternyata haters yang ngomongnya suppeer pedeesss.
    Apa memang begitu yang disebut kebebasan bersuara?

    Yuukk..
    Sebarkan kebaikan selalu melalui 4 pilar MPR seperti yang dituliskan di atas.

    ReplyDelete
  6. Stop hoax.
    Kalau memilih berita itu harus dilihat darimana sumbernya.
    Apakah sumbernya terpercaya atau hanya anonim (tanpa ada yg tanggung jawab)..
    Mari kita terapkan 4 pilar itu iya kak untuk menyajikan berita ke masyarakat itu real atau sesuai fakta.

    ReplyDelete
  7. Saya menunggu acara serupa hadir di Kota Bandung tahun depan. Ini bagian dari upaya MPR mengajak kita lebih memahami negeri ini secara ideologis demi terhindar radikalisasi.

    ReplyDelete
  8. Semoga masyarakat lebih ter-edukasi mengenai Pancasila dan bagaimana mencintai bangsa Indonesia, sehingga tidak termakan HOAX maupun jadi bagian dari penyebar hoax

    ReplyDelete
  9. Waah ada cerita di blog kak eny juga ternyata, ih seneeeng. Aku seneng baca acara-acara berbau politik gini. Artinya kita peduli dengan Indonesia kita, semoga sukses selalu yaaa kak🤗

    ReplyDelete
  10. Luar biasa kak,, moga kita semua bisa terbebas dari hoax

    ReplyDelete

Thank you so much for Reading .... Enjoy^^

Jangan Tingalkan Link Aktif ya~