Wednesday, September 11, 2019

Tips Memulai Bisnis Rumah Kos Di Area Kampus

Saat ini, bisnis di bidang properti semakin menggoda karena nilai investasi yang tinggi. Hal ini terjadi karena pembangunan yang terus berkembang, sehingga membuat banyak daerah terbuka lahannya dan menjadi pusat kota yang ramai. Selain pembangunan area perkantoran atau pabrik untuk menunjang perekonomian daerah itu sendiri, pembangunan kampus sebagai lembaga pendidikan pun semakin banyak saja. Tak heran jika bisnis rumahkos pun diminati.
Tingginya kebutuhan akan hadirnya bisnis rumah kos disebabkan karena banyak calon mahasiswa yang giat memburu kampus favorit, meskipun jaraknya jauh dari daerah asalnya. Sehingga mereka yang merantau terpaksa harus menyewa rumah kos di dekat area kampus. Selain itu, niat Pemerintah yang memaksimalkan program wajib belajar 12 tahun, membuat warga semakin dimudahkan dalam menuntut ilmu hingga SMA dan bisa mengalokasikan dananya ke bangku kuliah saja.
Fakta bahwa bisnis rumah kos semakin menjanjikan membuat banyak pengusaha tertarik untuk memulainya. Jika anda juga salah satu orang yang berminat, simak dahulu tips memulai bisnis rumah kos yang satu ini ya.
Pilih Lokasi Strategis
Dalam setiap investasi properti, sudah sewajarnya kita memperhatikan lokasi bangunan tersebut. Memilih lokasi yang strategis sangat penting karena akan mempengaruhi pertumbuhan nilai aset itu sendiri. Untuk bisnis rumah kos di area kampus, selain lokasi memang dekat dengan kampus, anda juga harus memperhatikan akses jalan dan tingkat keramaian daerah. Sebab bisa saja ada daerah yang dekat dengan kampus, namun hanya bisa diakses dengan berjalan kaki karena luas gang yang sempit. Atau ada pula rumah kos yang berlokasi di pinggir jalan raya, namun jauh dari keramaian penjual makanan atau minimarket.
Umumnya, mahasiswa menyukai pegelut bisnis rumah kos yang menyediakan rumah kos yang dekat dengan jalan raya, pusat penjual makanan, minimarket, serta toko fotocopy dan print, maupun warung internet (warnet).
Buat Rumah Kos Sesuai Kebutuhan Pasar
Setelah menemukan lokasi yang pas, anda perlu memperhatikan jenis rumah kos yang akan anda bangun. Amati kebutuhan pasar akan ketersediaan rumah kos untuk konsumen. Perhatikan pula bisnis rumah kos yang sudah ada (pesaing), agar anda juga bisa sekaligus mencari inovasi yang bisa ditawarkan ke konsumen sebagai ciri khas yang membedakan.
Misalnya, di suatu kawasan area kampus, sudah banyak bisnis rumah kos dengan harga tinggi karena fasilitas yang lengkap. Jika begini, tak ada salahnya jika anda mencoba bisnis rumah kos dengan harga yang lebih terjangkau namun fasilitasnya pun sepadan dengan harga sewa tersebut. Fasilitas utama (seperti kasur, lemari, dan kamar mandi) dan fasilitas tambahan (pendingin ruangan, fasilitas keamanan dan kebersihan) harus anda pikirkan pula. Harga sewa bulanan rumah kos tentu saja tergantung dari lokasi dan fasilitas yang ditawarkan.
Jangan Lupakan Promosi
Setiap bisnis apapun, anda tak boleh mengabaikan promosi untuk menarik konsumen datang menggunakan produk properti yang kita tawarkan. Hal ini juga berlaku untuk bisnis rumah kos. Selain memasang banner iklan di depan rumah kos atau di area sekitarnya, anda juga bisa mempromosikan ke situs sewa properti di internet. Seperti Travelio, Mami Kos, Cari Kos, Info Kos, Sewa Kost, OLX, dan lainnya. Dengan begitu, peluang bisnis rumah kos anda dikenal publik pun semakin besar.
Selain itu, ada pula kiat-kiat menjalankan bisnis rumah kos yang bisa anda ketahui dengan mengklik link artikel di bawah ini: https://www.cekaja.com/info/membangun-bisnis-rumah-kos/

7 comments:

  1. Aku juga punya impian jadi mami kos hahahhaa sepertinya enak bisnis pasif income giniii, maunya kost cewek krn biasanya lebih mahal dan lebih rajin aja semoga kewujud :D

    ReplyDelete
  2. Pemasaran penting banget itu. Entah metode offline atau online biar bisnis kita diketahui banyak org hehheee
    Wahhh ide menarik nih Mbk Bisnis rumah kos ya. Aku dulu juga sempat terbersit sih pas ngekos kwkkwkwk
    tFS mbak

    ReplyDelete
  3. Wah bagus nih infonya, siapa tau kan ya suatu saat bisa punya usaha kos2an mengingat pendirian universitas2 sedang di galakkan di kalsel 😍

    ReplyDelete
  4. Saya pribadi gak tertarik menjadi pengusaha kosan. Ngurus kebutuhan papan orang apalagi sementara seperti menerima tamu. Agak2 sungkan bagi saya. Tapi artikelnya bagus juga. Setidaknya menambah wawasan saya kalau sewaktu2 ada yg diskusi bersama rekan2 atau teman2.

    ReplyDelete
  5. Jadi ingat temanku yang buka bisnis di tempat kosnya dengan jasa les privat gitu. Dia tinggal di daerah perumahan di mana orangtuanya pekerja. Jadi peluang kaya gitu cukup bagus

    ReplyDelete
  6. Bener banget harus promosi ya Mba.
    Rumah mamaku juga dibikin jadi kost di Medan.
    Lumayan laris lewat promosi.

    ReplyDelete
  7. Bisnis rumah kos ini memang sgt menjanjikan sekali. Syg, modalnya besar.

    ReplyDelete

Eny Kadinda Aprilya Blogger Template by Ipietoon Blogger Template