Monday, January 14, 2019

5 Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Kartu kredit bukan lagi sebuah barang mewah. Kini setiap orang bisa memiliki banyak kartu  dari beberapa bank penerbit
Sayangnya hanya sedikit saja yang bisa menggunakannya dengan bijaksana. Sering terdengar penggunanya justru malah berujung dengan lilitan utang yang tak bisa diselesaikan. Padahal, jika bisa digunakan dengan tepat akan memberikan banyak benefit bagi penggunanya.

Berikut inilah cara menggunakan kartu kredit dengan bijak agar tidak berakhir dengan jeratan utang yang sebetulnya tidak diperlukan. 
Gunakan untuk berhemat dengan memanfaatkan diskon
Beberapa kartu menyediakan diskon dan promo. Misalnya ada yang memang spesialisasinya memberikan diskon dan promo di restoran. Promo ini bisa kamu manfaatkan untuk berhemat. Misalnya ketika jalan-jalan dengan keluarga, kamu bisa makan di tempat makan atau restoran yang sedang memberikan diskon atau promo.

Batasi penggunaannya dengan cermat
Salah satu godaan terbesar kemudahan belanja non tunai adalah secara tidak sadar berulang kali menggesek kartu tanpa perencanaan yang jelas. Agar kartu tidak jebol, batasi penggunaannya.
Caranya bisa dikonsultasikan dengan penerbit kartu. Misalnya dengan membatasi penggunaanya hanya 30 persen dari kredit limit yang diberikan sehingga bisa lebih mengontrol penggunaannya.

Hindari membayar tagihan minimal
Salah satu penyakit yang masih saja terjadi adalah menunda-nunda pembayaran tagihan hingga jatuh tempo. Namun pada saat waktu pembayaran tiba dana belum siap. Mau tak mau tetap harus membayar tagihan minimal agar tidak terkena denda.
Kebiasan seperti inilah yang seharusnya dibuang jauh-jauh. Disiplin saat membayar tagihan juga merupakan sikap bijak dalam menggunakannya.

Tingkatkan keamanan jika bertransaksi secara online
Beberapa kasus terjadi tentang pencurian data dan pembobolan kartu yang digunakan orang yang tidak bertanggung jawab untuk bertransaksi dari luar negeri.
Pencurian data ini bisa saja terjadi dengan mengelabui pengguna kartu. Ada banyak cara dilakukan misalnya dengan membuat dummy website perusahaan penerbit kartu kredit yang mirip.

Tujuannya untuk mendapatkan data pengguna kartu sehingga bisa digunakan tanpa harus memiliki kartu fisiknya.

Untuk itu, mungkin kamu bisa mempertimbangkan kartu kredit online supaya lebih aman. Salah satu kelebihan kartu kredit online adalah penggunaan one time password untuk keamanan saat bertransaksi secara online. Seperti yang diterapkan oleh Kredivo sejak lama.

Kredivo bisa digunakan untuk belanja online dengan sangat mudah. Apalagi saat ini sudah lebih dari 200+ merchant online yang bekerjasama dengan Kredivo. Tak sebatas untuk membeli gadget saja.

Kredivo juga bisa digunakan untuk memesan tiket pesawat maupun memesan hotel untuk liburan tahun baru. Bunganya hanya 2,95% saja perbulan. Tenor yang diberikan pun relatif lebih fleksibel dibandingkan dengan perusahaan sejenis.

Kamu bisa mencicil mulai dari 3, 6, dan 12 bulan dengan bunga yang lebih rendah 50% dibandingkan dengan perusahaan non bank lainnya.

Saat darurat pun kamu bisa mengajukan pinjaman online. Jika disetujui, uang tunainya akan ditransfer ke rekening yang sudah terdaftar. Layanan ini kini bukan hanya bisa dinikmati pengguna akun cicilan saja, melainkan juga bagi pengguna akun bayar dalam waktu 30 hari.

Untuk pinjaman mulai dari Rp 500 ribu, kamu bisa mengajukan Pinjaman Mini. Jika butuh dana darurat lebih dari itu, kamu bisa memanfaatkan Pinjaman Jumbo mulai dari Rp 1 juta. Bunganya 2,95% sampai dengan 4% tergantung statusnya apakah pengguna akun cicilan atau pengguna akun bayar dalam waktu 30 hari.

Kemudahan transaksi ini juga perlu dibatasi bukan dengan limit kredit tapi dengan perencanaan keuangan yang baik. Dengan begitu kamu bisa lebih bijak lagi dalam mengatur keuangan.  
Salam hangat enychan^^

34 comments:

  1. Sekarang mau kredit semakin mudah, ya.

    ReplyDelete
  2. Aku sampe sekarang ga berani buat kartu kredit malah mbak, agak ngeri-ngeri sedap lihat teman-teman yang kebablasan. Akunya jadi mikir-mikir mau buat

    ReplyDelete
  3. Untuk saat ini kalau misal punya KK aku kayanya belum bisa ngontrol sih soalnya perencanaan juga suka kemana2 hehe. But, Kredivo memudahkan ya bagi yang pandai mengatur keuangan juga

    ReplyDelete
  4. Aku belum bisa bikin karena belum punya sumber penghasilan, tapi kemarin sempet ditawarin bikin sama orangtua dan aku nolak karena oh no no no :") Ga bakal bisa nahan.

    ReplyDelete
  5. Sampai sekarang belum pernah punya Kartu Kredit.
    Pernah ada wacana untuk memiliki hanya karena banyaknya diskon yang ditawarkan, tapi...mengingat kemampuan kami dalam finansial, sepertinya belum perlu.

    ReplyDelete
  6. Aku sampai sekarang ga tahu kenapa belum tertarik sama kartu kredit Mbak. Lebih suka cash atau pakai debet

    ReplyDelete
  7. bener banget kadang lalai dalam membayar tagihan karena selalu menunda-nunda. Dan risiko cukup besar ya selain harus membayar bunga juga membuat reputasi kita di mata bank tersebut memudar...

    ReplyDelete
  8. Selain karena takut boros menggunakan kartu kredit, hal keamanan menjadi pertimbangan gue berikutnya. Ngeri juga kadang kita enggak ngapa-ngapain, eh, tagihan banyak karena kartu kredit dibobol sama oknum yang tidak bertanggung jawab.

    Tips ini berguna banget. Bener-bener harus bijak kalo mau menggunakan kartu kredit biar kita enggak kaget nantinya. :D

    ReplyDelete
  9. Aku masih belum berani nih pake kartu kredit. Sempat punya, terus aku cabut lagi. Entah, ga pernah dipake juga sih. Hahaha. Lebih suka cash dan debet sih akunya. Lebih kerasa gitu kalo duitnya mau habis. Bisa berhemat kan jadinya.

    ReplyDelete
  10. Haduh, khawatir kalo pake kredit.
    Ya sebisa mungkin menabung sih yaa
    Tapi kalau ada kebutuhan mendesak, coba pinjam ke saudara atau kerabat dulu. Baru deh ke Kredivo nanti...

    ReplyDelete
  11. Aku juga sampai saat san nanti mungkin gak mau bikin kartu kredit kecuali butuh banget juga. Soalnya ya gitu. I see lots of people being dumb and then have a miserable life because of this credit thing. So i guess i need to start away from it wkwke

    ReplyDelete
  12. Kalau aku kartu kredit dikasi limit kak yang sekiranya aku mampu ngebayar. Terus kalau belanja usahakan yang bunganya 0%. Kalau bisa ya... Jajannya kontan hehehe

    ReplyDelete
  13. Ooo kredivo ternyata bisa buat beli tiket pesawat juga ya?
    Kredivo ini kalau dibutuhkan kyknya sangat membantu ya? Cuma emang tetep kudu bijak, kalau mau beli2 tanayakn ke diri sendiri ini belinya krn "butuh" atau krn "ingin" :D

    ReplyDelete
  14. bener banget nih enny, kartu kredit tuh manfaatin untuk cari diskonan juga ya hehe.. dan bener tuh sebisa mungkin terapin deh tips-tipsnya biar gak kebobolan sama kartu kredit

    ReplyDelete
  15. tetap saja sampe sekarang ga berani punya kredit card.. xixi ya manfaatkan dulu promo dari fintech fintech deh.. ngeri bablas..
    tapi kalau memang orgnya tertib secara keuangan mungkin aman aman saja kalau ngikiutin tips disini
    - fika-

    ReplyDelete
  16. Wahhh ak juga pengen banget punya kartu kredit dan belanja menggunakan kaartu kredit, kalo belanja diluar negeri wajib banget nih punya kaartu ini

    ReplyDelete
  17. Mudahnya bertransaksi dg kartu kredit kadang membuat pemiliknya konsumtif ya... Ini yg harus di rem. Kita hrs benar2 selektif untuk penggunaan kartu kredit. TFS ya Eny sharing tipsnya

    ReplyDelete
  18. Belum nyaman sampai sekarang pake kartu kredit. Mungkin boleh nih dicoba kredivo...

    ReplyDelete
  19. Duh aku masih belum berani (dan belum memenuhi syarat pendaftaran penggunaan) kartu kredit XD
    Tapi mungkin nanti kalau udah kerja.. supaya gampang beli barang dari luar negeri

    ReplyDelete
  20. Aku tuh udah trauma sama kredit2an bgni, dan jg CC ku dah ku tutup hehe, btw thx infonya yah kak

    ReplyDelete
  21. sampai saat ini sih aku lebih baik ga pakai cc.

    ReplyDelete
  22. Iya, setuju sekali, Mbak.
    Padahal kartu kredit kalau digunakan secara bijak, pasti membantu kita. Dan emmang caranya membatasi limit ya.

    ReplyDelete
  23. Aku belum bisa disiplin orangnya, jadi kebayang kalo punya kredit card, gimana maintenance pengeluarannya yaa...?
    Apa gak makin boros akunya?

    Huhuu~

    ReplyDelete
  24. Aku gak berani pake kredit card. Masih belum disiplin juga sih. Sama gak beranindengan segala resikonya

    ReplyDelete
  25. bannyak yg nawarinm api aku takut kalap.
    apalagi kl nurutin kepengen,, bayarnya yg engap2an haha

    ReplyDelete
  26. Memang kartu kredit itu banyak yang ngasih diskon, tapi tadi itu biar gak kalap harus bisa menjaga pengeluaran. Biasanya kekalapan yang bikin jadi terlilit utang. Apalagi kan kredit bayar di akhir.

    ReplyDelete
  27. Kartu kredit emang sih enak, apalagi banyak diskonnya. Tapi sy belum punya rencana bikinnya, takut khilaf, nanti malah ketagihan belanja...

    Hahahah

    ReplyDelete
  28. aku nggak punya kartu kredit mbak Eny, tapi terbantu banget sama informasi seperti ini, jadi lebih tahu mungkin sewaktu-waktu bisa punya CC ini hheee
    TFS ya mbak ^_^

    ReplyDelete
  29. Aku percaya, berhasil atau tidaknya kita dalam mengelola kartu kredit tentu akan sangat bergantung pada pola pikir dan gaya hidup yang kita jalani.

    Kartu kredit dibuat untuk memudahkan berbagai transaksi keuangan, jadi jangan sampai malah untuk menyulitkan.

    ReplyDelete
  30. Kartu kredit hendaknya bisa digunakan untuk hal2 positif

    ReplyDelete
  31. bermanfaat terimakasih jadi nambah ilmu 😎✌

    ReplyDelete

 
Eny Kadinda Aprilya Blogger Template by Ipietoon Blogger Template