Tuesday, September 25, 2018

Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Credit Capacity Test Atau Uji Kapasitas Kredit

Yang Perlu Anda Tahu Tentang Credit Capacity Test Atau Uji Kapasitas Kredit
Saat Anda ingin melakukan kredit mobil Toyota melalui Toyota Finance, Anda akan melalui proses yang disebut credit capacity test atau dalam bahasa Indonesianya uji kapasitas kredit. Secara umum, proses uji kapasitas kredit ini dilakukan dengan cara mengisi data-data yang kemudian akan memudahkan Anda untuk menemukan kendaraan yang tepat maupun produk kredit yang sesuai. Masih sulit untuk memahaminya?
Coba cek beberapa informasi penting mengenai uji kapasitas kredit berikut ini:
Tujuan uji kapasitas kredit
      Secara umum, tujuan dari uji kapasitas kredit bagi Anda adalah untuk menentukan mobil mana yang pas dibeli dan juga produk pembiayaan yang sesuai. Mengenai jenis mobil, tentu ada seri yag harganya lebih mahal dari yang lainnya. Nah, saat Anda mengisi uji kapasitas kredit, pihak lembaga pembiayaan akan mengetahui besarnya penghasilan dan kemampuan membayar cicilan per bulannya sehingga tahu harga mobil yang sesuai untuk Anda. Berhubungan dengan hal itu pula, pihak finance akan lebih mudah menawarkan produk pembiayaan yang tepat sesuai dengan kemampuan finansial Anda yang diketahui melalui uji kapasitas kredit.
       Sedangkan untuk pihak finance, uji kapasitas kredit juga memiliki tujuan yang tak kalah pentingnya. Pertama, uji kapasitas kredit perlu dilakukan sebagai pertimbangan pihak finance untuk menerima atau menolak pengajuan kredit Anda. Jika memang dari segi penghasilan atau kemampuan finansial tidak bisa memenuhi cicilan yang harus dibayarkan per bulannya, maka kemungkinan besar pengajuan kredit akan ditolak. Sebab lembaga pembiayaan juga tak ingin nantinya ada kredit macet yang diakibatkan salah perhitungan dalam mempertimbangkan kemampuan finansial dan juga besarnya cicilan yang dimiliki.
Data yang perlu diisikan dalam uji kapasitas kredit
       Secara umum, ada 3 hal yang perlu Anda isikan pada saat melakukan uji kapasitas kredit melalui situs Toyota Finance. Yang pertama adalah Data Diri. Dalam Data Diri ini, ada beberapa aspek yang perlu Anda masukkan seperti nama lengkap, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, nomor KTP, status pernikahan, alamt domisili, pendidikan terakhir, jumlah tanggungan, dan juga nama ibu kandung. Sedangkan yang harus diisi berikutnya berkaitan dengan pekerjaan dan penghasilan. Untuk bagian ini, Anda harus mengisi dengan sejujur mungkin, sebab hal tersebut sangat berpengaruh terhadap pilihan kredit yang nantinya akan diambil.
      Yang terakhir adalah pilihan kredit. Di sini Anda akan menemukan beberapa paket kredit yang bisa dipilih, misalnya saja Paket Discovery dengan DP sebesar 30 persen, Paket Deluxe dengan DP 20 persen, atau Paket Venus dengan DP 25 persen. Semakin besar DP alias uang muka yang dibayarkan, tentu cicilan akan menjadi semakin rendah setiap bulannya. Namun jika Anda tidak memiliki dana yang mencukupi untuk membayar DP dengan jumlah besar, maka bisa memilih paket yang menawarkan pembayaran DP lebih rendah.
Pada dasarnya, uji kapasitas kredit ini dibuat untuk memberikan keuntungan kepada kedua belah pihak, baik Anda dan juga lembaga pembiayaan yang terkait. Jadi jangan pernah mengisi data yang ada di uji kapasitas kredit dengan data palsu karena akan sangat berpengaruh terhadap pengajuan kredit dan juga pelunasannya di kemudian hari. Kalau mengalami kesulitan untuk mengisi uji kapasitas kredit, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan customer service Toyota Astra Financial Service sehingga proses pengisiannya menjadi lebih cepat dan juga akurat.

9 comments:

  1. Masih agak2 ga paham sih.. Tapi makasih udah sharing ��

    ReplyDelete
  2. Nah penting banget ini uji kapasitas kredit ini biar sesuai dengan pendapatan ya kan. Jadinya enak biaya bulanannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener bgt kak soalnya kadang lewat limit bisa buyar hhee

      Delete
  3. Mmg dimana-mana kuncinya tu jujur pang lah. Nyaman di orang nyaman di sorang jua.

    ReplyDelete
  4. Betul banget, kalau DP nya cukup besar untuk kredit nya jdi ringan deh 😁 yang penting kalau mau kredit harus sesuaikan dengan pendapatan yang ada heheh. Biar mudah bayarnya

    ReplyDelete
  5. Iya, uji kapasitas kredit emg penting banget. Krn kadang yg pendapatan sesuai aj bs molor. Aplg yg dibawah kn ya.. Wkwk. Tp ak msj menghindari kredit buat brg tersier. Klo kebutuhan bgt lbh plh nabung dulu spy tenang. Hhehe

    ReplyDelete
  6. penting banget memang uji beginian. jangan sampai kita beli mobil yang nggak sanggup kita cicil bulanannya

    ReplyDelete
  7. Info yg sangat berguna nih kalau nanti mau beli mobil baru. Hehe. Baru tahu deh pentingnya uji beginian.

    ReplyDelete

 
Eny Kadinda Aprilya Blogger Template by Ipietoon Blogger Template